Posts byPanaJournal

Tragedi Akhenaten

F Rahardi

Dari Akhenaten, Firaun Mesir antara 1353–1336 SM, dunia mewarisi ajaran Monoteisme. Tuhan bagi Akhenaten adalah Ra, atau Aten, Sang Matahari. Musa mengenal ajaran Monoteisme dari Akhenaten. Tapi ia tak mungkin mengajar umat Yahudi bahwa Yehweh yang Tunggal itu ajaran Akhenaten,
CONTINUE READING

Jualan

Seno Gumira Ajidarma

Musim kampanye siapé nyang kagak jualan nasionalisme? “Nyang pegimané sih nasionalisme itu? Pokoknyé Indonesia gitu? Kalow cumak gitu ané jugé nasionalis dong,” ujar Sanip, buruh bangunan temen Hasan nyang mau ikutan nèbèng tidur di warung. Sukab nyang angop dengen maté
CONTINUE READING

Itu Muké, Muké Siapé?

Seno Gumira Ajidarma

“Ngomong-ngomong Kab, énté perné masup hotèl belon?” “Gali paritnyé mah udé.” “Gali parit? Udé adé belon hotèlnyé?” “Ya belon! Mingsi tané! Tapinyé pan udé masup bagian hotèl jugé Bé.” “Trus? Pas udé jadi, berapé lanté ntu hotel?” “Duèpulu.” “Pernè masup
CONTINUE READING

Pantes Nggak Pantesnyé Kampanye

Seno Gumira Ajidarma

“Udé gaèk di tempat laèn, bisé ajé lelancur di lapangan politik ‘kan?” “Oooohh, ya bisé ajé, tapinye kalow doi punyak lawan cumak lelancur jugé pegimane? Jau dibawényé lagi!” “Jau dibawa tapi prustasinye nglebihin nyang bangkotan!” “Bego banget ni orang, bukan
CONTINUE READING

Bo’ong

Seno Gumira Ajidarma

Tau’ nape ntu ari Sukab bolak-balik nyanyiin lagunyé Deddy Dhukun: bohong kamu suka bohong   Cumak nyang doi nyanyiin bagian itu melulu. Kaga’ jehelas apé cumak itu taunyé, apé émang sengajé, nyang kejadian sih orang-orang di warung padé ikutan, walow
CONTINUE READING

Ngécap ape Ngibul?

Seno Gumira Ajidarma

“Nape ya Bé, haré géné orang kampanye mingsih ajé kowar-kawèr, kayak nyang kaga’ adé kemajuan ajé.” Pagi-pagi Sukab udé ngablak, peduli amat orang-orang di sebelényé padé suké apé kaga’. Eh, adé jugé nyang nyautin, jadinyé Mang Ayat kaga’ usyé ribet
CONTINUE READING

Rahwana Kaga’ Bise Matek

Seno Gumira Ajidarma

DOKUMENTASI SENI RAKYAT PANAJOURNAL.COM “Politik ntu nape ora bisa pugu ye Bé? Nape ntu kudu ke sono-sini ora ketauan maunyah? Eh, bujugbuneng tau-tau bolenye pecé. Ntu ade partai nyang sebelé dukung capres nyang belon perné jadi presiden, sebelényé lagi dukung
CONTINUE READING

Di Hutan Sadiman

Arif Koes

Langit mulai gelap di desa Geneng, Bulukerto, 70 kilometer timur laur dari pusat kota Wonogiri. Untuk menuju desa ini mesti melalui jalur aspal menanjak. Semakin naik, semakin sering jalan tersusun dari bebatuan kecil. Rumah-rumah warga sudah tampak bagus. Bangunannya permanen.
CONTINUE READING

Ésyen Géms! Siape Sirik?

Seno Gumira Ajidarma

Ari mingsih pagi bute. Mang Ayat masup warung gantiin Yati, ponakannye nyang tugas begadang, mumpung lagi rame. “Rame ya Kab?” “Iye Bé! Rame!” “Bukan warungnye Kab.” Sukab ngangguk aje. “Eh, mangsud ane bukannye politik juga loh!” “Paham,” saut Sukab sembari
CONTINUE READING

Jokowi, Kok Gitu?

Seno Gumira Ajidarma

“Nggak abis pikir deh Dul,” Sukab lepasin kopiah, usap-usapin rambut, lantes pasang lagi kopiahnya, “bener-beneeeeerrrr nggak abis pikir.” Jalanan mingsih rame meski kaga’ kayak tadi siang. Sembari nyamber mendoan, Sukab terusin doi punya omongan. “Kirain Jokowi tuh temenan ame Ahok,
CONTINUE READING

Jagoan Kulit Jeruk

Seno Gumira Ajidarma

Hasan nyerocos kayak mateliur, begicu nyang kejadian di warung Mang Ayat waktu Sukab masup diem-diem, langsung tarok duluan pacul ame pengkinye di pojokan. Ntu buruh bangunan nyang lagi nganggur kali’ baru dateng magriban dari masjid. Pesen kopi, ngembat pisang goreng,
CONTINUE READING

Engkong Presiden :)

Seno Gumira Ajidarma

Namenye juge politik, belon resmi ade calon aje ude rame. Di warung Mang Ayat, ini ari nyang diomongin umur. “Kalow mau dibilang pemimpin itu jangan ketuaan, orang pade getol unjukin Mahathir, itu perdana menteri negeri tetangge,” Sukab lempar bola sementare
CONTINUE READING

Yang Tidak Molek dari Bali

Danang T.P.

Judul: Sisi Gelap Pulau Dewata: Sejarah Kekerasan Politik Pengarang: Goeffrey Robinson Penerjemah: Arief B. Prasetyo Penerbit-tahun terbit: LKIS Yogyakarta-2006 Jumlah halaman: 523 Seperti layaknya ilmuwan Barat lain, Geoffrey Robinson sempat terbawa arus romantik-eksotis Bali. “Ketika pertama kali mengunjungi Bali pada
CONTINUE READING

Demokrasi Mehong

Seno Gumira Ajidarma

“Ngomong-ngomong nih Kab, ane kok jadi ngeri ame demokrasi kayak gini ye?” Pagi-pagi Si Jali ude tarok kartu omongan. Dasar ojek non-aplikasi, gerendeng Sukab dalem atinye, nggak ade penumpang lantes politik aje diomongin biar keren. “Emang ape nyang sale?” “Itu
CONTINUE READING

Kumpul Ora Kumpul Mangan

Seno Gumira Ajidarma

Emang beda kalow Hari Raya, pikir Sukab nyang bener-bener sahantai seabisnye shalat Ied, nyang dirasain ame doi khotbahnye rada kepanjangan en belok arah. “Nyang bener aje,” doi ngegrundel dalem atinye kendiri, “namenye juga Lebaran, kagak usye dibawe ke politik segale
CONTINUE READING

Mau Bola Ape Teror?

Seno Gumira Ajidarma

Abis buka puasa nyante bener orang-orang di warung Mang Ayat. Sukab rapi bener pake kopiah ame sarung siap ke mesjid. Sambil ngopi Sukab tengok kiri-kanan kayak nyang kaga punya kerjaan lain. Emang bener matenye ngawasin kaya celepuk ngincer bajing kemaleman.
CONTINUE READING

Komunis ‘Bertuhan’ di Turki

Bernando J Sujibto

Ovacık bukan daerah kaya. Kabupaten yang berpenghuni sekitar 3.700 penduduk itu tidak mempunyai sektor andalan seperti industri besar dan sejenisnya, melainkan hanya produk-produk dari lahan pertanian. Sangat banyak rakyat tidak mempunyai pekerjaan sehingga memilih pergi ke kota-kota besar seperti Istanbul,
CONTINUE READING

Nasi Uduk MekDi?

Seno Gumira Ajidarma

Mang Ayat belakangan keliatan rade gelise. Bawaannye kayak nyang mau sale aje. Nyang mintak kerupuk dikasi mendoan, nyang mintak tahu dikasi tempe, giliran mintak nasi goreng kampung dikasinye nasi gile. “Gile nih Mang,” Sukab terbingun-bingun, “emang lagi kenape nih? Entar
CONTINUE READING

Sukab Juga Tau Danarto

Seno Gumira Ajidarma

“Itu Bapak nyang suka makan di sini kan?” Tanya Sukab kepada Mang Ayat. Itu telepisi cepet bener tayangin berita Danarto keterajak motor Miou bikinan Tiongkok. Belon tau siape nyang sale. Motor tancep gas karena jalanan kosong, lantas nabrak Danarto, atawe
CONTINUE READING

Belas Kasih di Belantara Jakarta

Andina Dwifatma

UNTUK SAMPAI ke kantornya di daerah Kota, Jakarta Utara, Juliana harus menumpang angkutan umum bus TransJakarta. Pagi itu, di halte Sawah Besar, dia duduk bersebelahan dengan bocah lelaki berusia kira-kira tiga tahun. Anak itu terduduk lemas dalam gendongan seorang lelaki,
CONTINUE READING

Bulu Mata dan Sorot Kamera

Aditya Wijaya

Saya sedang naik bus di Bali ketika mendengar kabar Tonny Trimarsanto menang Piala Citra. Melalui WhatsApp, saya sampaikan selamat atas kesuksesan Bulu Mata menyabet penghargaan Piala Citra sebagai Film Dokumenter Panjang Terbaik FFI 2017. Penghargaan itu diumumkan di Grand Kawanua
CONTINUE READING

“Ini Tane Engkong Gue, Tau?!”

Seno Gumira Ajidarma

“Ini tane engkong gue, tau?!” Cuman itu nyang Sukab ingetin waktu lewatin kerumunan orang di gerbang kompleks ampe jalanan jadi macet. Doi ogah brenti akibat perutnye ude main “ke-cé-rét-du-dut-den” alias keroncongan merindukeun nasi anget nyang ngebul di warung Mang Ayat.
CONTINUE READING

Mengakhiri Tahun-tahun Kering

Eka Handriana

TENGAH malam, Sudarwanti belum bisa tidur. Pikirannya tak beranjak dari ember-ember air. Kupingnya mendengar suara air diciduk, lalu suara pintu belakang dibuka. Seseorang mau kencing. Itu salah satu dari lima anak lelaki Sudarwanti. Segera ia susul anaknya di bilik bambu
CONTINUE READING

Bapa Berce dari Saparua

Elvan de Porres

Saparua, Maluku Tengah. Lelaki tua-muda lalu lalang memikul barang. Mereka keluar masuk pasar, tak memedulikan sengatan matahari yang terik. Para pemikul barang mengangkat dan membawa barang-barang milik pembeli, penjual, dan siapa saja yang membutuhkan. Sejak jam enam pagi saya sudah
CONTINUE READING

Ditawari Ganja di Lisboa

Zaky Yamani

Saat itu baru sehari saya tiba di ibukota Portugal, Lisboa. Udara terasa akrab, bagai udara kampung halaman saya di Bandung: sinar matahari boleh terik, angin tetap sejuk. Seharusnya sekarang sudah masuk musim gugur di Portugal, dan biasanya suhu udara bisa
CONTINUE READING

Suara dari Tembok

Abdul Aziz Rasjid

Dalam abad ketika kemajuan industri dan teknologi menciptakan kemudahan informasi dan kelimpahan materi, lukisan-lukisan pada dinding tetap dikerjakan, menghiasi tembok sudut-sudut kota yang riuh sampai sunyinya gang-gang kampung. Dikerjakan secara sembunyi-sembunyi ataupun terbuka, lukisan pada tembok tetap bersuara tentang hidup
CONTINUE READING

Kawasan Merah dan Keraton Kadariah

Sidik Nugroho

Demi merayakan Hari Kelahiran Pancasila beberapa waktu silam, warganet ramai-ramai menulis tagar #SayaPancasila. Saya jadi teringat sosok Sultan Hamid II dari Kesultanan Kadariah, Pontianak, sang perancang lambang negara Garuda Pancasila. Hari itu pukul delapan pagi saya berangkat menuju Keraton Kadariah,
CONTINUE READING

Putu Wijaya sebagai Wartawan

Andina Dwifatma | Foto: Seno Gumira Ajidarma

MENGENAKAN topi pet andalannya, Putu Wijaya (73) menyambut kami di rumahnya di Cirendeu, Ciputat Timur. Hari itu dia punya waktu sebentar sebelum mulai melatih kelompok Teater Mandiri yang akan pentas di Bentara Budaya Jakarta. Putu sedang menggenggam BlackBerry ketika kami
CONTINUE READING

Bocah-bocah Pembaca

Eka Handriana

Sabtu sore yang hangat, Primakids Center tak seramai biasanya. “Klub Baca sementara libur, ada ujian kelas enam SD,” suara Prima Kusumajati menyambut pengunjung rumahnya yang tak banyak. Hanya ada Davyna (8 tahun) bersama dua kawannya yang datang sore itu. Klub
CONTINUE READING

Once Upon a Time in Cuba

Avi Basuki

I was really excited when they first offered me the project a few years ago. It was several years before the Obama visit, just before the American Government became seriously interested in mending their long forgotten relationship. The U.S. already
CONTINUE READING

Rampogan dalam Komik Rampokan

Seno Gumira Ajidarma

Sangat mudah untuk mengatakan bahwa ejaan rampokan itu “salah”—tetapi jauh lebih produktif untuk mempertimbangkan bahwa perbedaan antara rampogan dan rampokan itu disebabkan oleh faktor-faktor determinan takterhindarkan, yang berasal dari faktor sosial historisnya, yakni sudut pandang eksotik budaya indo. Proses yang
CONTINUE READING

Religions on the Wing

Paul Spencer Sochaczewski

When the fundamentalist Baptist missionaries in this isolated valley in West Papua asked for contributions to build a new church, Zakarias chipped in with the most valuable thing he could find — a bird of paradise. Early Portuguese and Dutch
CONTINUE READING

Pesona Arsitektur di Ujung Pulau Madura

Hafidz Dwi Fahmi

Dalam perjalanan menuju ujung pulau Madura untuk mencari pantai sepi dan bersih, saya dan dua orang kawan beruntung menemukan lanskap yang sangat indah: Bukit Kapur, atau lebih terkenal dengan sebutan ‘batu putih’, yang terletak di kecamatan Batu Putih, Sumenep, Madura.
CONTINUE READING

Sebelum dan Sesudah Klik!

Seno Gumira Ajidarma

Di Jepang, dari tanggal 8 sampai 17 Maret 2015, saya tidak melihat apapun, karena mata saya selalu terpaku ke layar lap-top. Ya, saya harus mengirim tulisan setidaknya 600 kata setiap hari ke suratkabar Jawa Pos, karena saya sedang menulis cerita
CONTINUE READING

Kanvas Langit Amsterdam

Seno Gumira Ajidarma

Biasa? Tidak biasa? Bagi saya tidak terlalu biasa, jadi saya memotretnya. Semakin siang, ternyata garis-garis asap di langit itu tidak semakin berkurang. Langit Amsterdam hari itu, dan ternyata besoknya tidak ada lagi, menjadi kanvas bagi pilot-pilot pesawat tempur Kerajaan Belanda
CONTINUE READING

Semalam di Cimiring

Arif Koes

DI TERAS RUMAH, bertelanjang dada Kusni, 38 tahun, duduk mengangkat kaki. Celana pendeknya bolong. Kolornya kelihatan. Ia menunduk, menatap telepon seluler di tangannya. Sebuah ponsel hitam kecil keluaran lama merek Nokia. Usang dan terbungkus kantung plastik bening yang tak kalah
CONTINUE READING

Ahok: Another New Hope?

Andina Dwifatma

People have come up with various social media hashtags and movements supporting Ahok have emerged. According to pollster Lingkar Survei Indonesia, from its survey on the city budget dispute, 40 percent of the lower middle class, 51 percent of the
CONTINUE READING

Optimisme Tragis Serdadu Knevel

Wahyudin

Judul Buku: Rampokan Jawa dan Selebes Penulis: Peter van Dongen Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Tebal: 168 halaman MAKA, berlabuhlah sejumlah tentara sukarela dan wajib militer dengan kapal laut Tegelberg menuju Jakarta pada penghujung Oktober 1946. Di antara mereka terselip seorang
CONTINUE READING

Patani, Darurat Militer, dan Bom Mobil

Firdaus Yusuf

MOBIL yang saya tumpangi melaju kencang di tengah-tengah jalanan yang lengang, dalam perjalanan dari Kota Hat Yai ke Patani, salah satu wilayah di Provinsi Patani, Thailand Selatan. Waktu tempuh dari Hat Yai, kota ketiga terbesar di Thailand setelah Bangkok dan
CONTINUE READING

Poems of Love and Labor

Shivaji Das

IT’S A SUNDAY and at Little India in Singapore, thousands of migrant workers, from Bangladesh, India and other countries have assembled, drawn by the immense attractive force that people from the same country of origin exert on each other once
CONTINUE READING

A Cold and Hungry Christmas in USA

Jennie M. Xue

TODAY, more than six years later when the country’s economy is already growing at 3.5 to 4 percent, the casualties can still be felt. Although not all homeless and hungry individuals are “victims” of the recent crisis, using this framework
CONTINUE READING

Farida dan Kampung Janda

Firdaus Yusuf

PEREMPUAN itu mengenakan pakaian dan jilbab serba hitam. Dia adalah Farida Hariyani, 48 tahun, seorang insinyur pertanian yang memilih menjadi aktivis perempuan dan Hak Asasi Manusia (HAM). Farida mengawali perjalanannya dengan melakukan advokasi terhadap Desa Cot Keng, yang dikenal dengan
CONTINUE READING

Climbing with The Fire-Diggers

Shivaji

WE WERE BEING SWALLOWED; choking inside a dragon’s entrails. My eyes couldn’t open. Could we run away? But any mistake meant death; an extremely acidic lake waited below. I crouched, and feeling the rocks, crawled away from this onslaught. Finally,
CONTINUE READING