Komunis ‘Bertuhan’ di Turki

Bernando J Sujibto

PanaJournal – Syahdan di Ovacık, terpilihlah seorang bupati bernama Fatih Mehmet Maçoğlu dari Partai Komunis Turki (Türkiye Komünist Partisi). Mehmet adalah Komünist Başkan (Bupati Komunis) pertama dalam sejarah Republik Turki. Ovacık bukan daerah kaya. Kabupaten yang berpenghuni sekitar 3.700 penduduk
CONTINUE READING

Seberape Toku Bolenye Orang Berkuase?

Seno Gumira Ajidarma

“Rame bener pemilu negeri tetangge ye, Dul?” Mang Ayat nanyain Dul Kompreng nyang sedari tadi ngelamun sembari nyarap bubur. Berita hatsil pemilu emang kayak nyang bikin kaget. Di radio ngalir aje tuh berite, orang-orang muda, orang-orang perantauan nyang biasanya kagak
CONTINUE READING

Nasi Uduk MekDi?

Seno Gumira Ajidarma

Mang Ayat belakangan keliatan rade gelise. Bawaannye kayak nyang mau sale aje. Nyang mintak kerupuk dikasi mendoan, nyang mintak tahu dikasi tempe, giliran mintak nasi goreng kampung dikasinye nasi gile. “Gile nih Mang,” Sukab terbingun-bingun, “emang lagi kenape nih? Entar
CONTINUE READING

Sukab Juga Tau Danarto

Seno Gumira Ajidarma

“Itu Bapak nyang suka makan di sini kan?” Tanya Sukab kepada Mang Ayat. Itu telepisi cepet bener tayangin berita Danarto keterajak motor Miou bikinan Tiongkok. Belon tau siape nyang sale. Motor tancep gas karena jalanan kosong, lantas nabrak Danarto, atawe
CONTINUE READING

Belas Kasih di Belantara Jakarta

Andina Dwifatma

UNTUK SAMPAI ke kantornya di daerah Kota, Jakarta Utara, Juliana harus menumpang angkutan umum bus TransJakarta. Pagi itu, di halte Sawah Besar, dia duduk bersebelahan dengan bocah lelaki berusia kira-kira tiga tahun. Anak itu terduduk lemas dalam gendongan seorang lelaki,
CONTINUE READING

Bulu Mata dan Sorot Kamera

Aditya Wijaya

Saya sedang naik bus di Bali ketika mendengar kabar Tonny Trimarsanto menang Piala Citra. Melalui WhatsApp, saya sampaikan selamat atas kesuksesan Bulu Mata menyabet penghargaan Piala Citra sebagai Film Dokumenter Panjang Terbaik FFI 2017. Penghargaan itu diumumkan di Grand Kawanua
CONTINUE READING

“Ini Tane Engkong Gue, Tau?!”

Seno Gumira Ajidarma

“Ini tane engkong gue, tau?!” Cuman itu nyang Sukab ingetin waktu lewatin kerumunan orang di gerbang kompleks ampe jalanan jadi macet. Doi ogah brenti akibat perutnye ude main “ke-cé-rét-du-dut-den” alias keroncongan merindukeun nasi anget nyang ngebul di warung Mang Ayat.
CONTINUE READING

Mengakhiri Tahun-tahun Kering

Eka Handriana

TENGAH malam, Sudarwanti belum bisa tidur. Pikirannya tak beranjak dari ember-ember air. Kupingnya mendengar suara air diciduk, lalu suara pintu belakang dibuka. Seseorang mau kencing. Itu salah satu dari lima anak lelaki Sudarwanti. Segera ia susul anaknya di bilik bambu
CONTINUE READING

Bapa Berce dari Saparua

Elvan de Porres

Saparua, Maluku Tengah. Lelaki tua-muda lalu lalang memikul barang. Mereka keluar masuk pasar, tak memedulikan sengatan matahari yang terik. Para pemikul barang mengangkat dan membawa barang-barang milik pembeli, penjual, dan siapa saja yang membutuhkan. Sejak jam enam pagi saya sudah
CONTINUE READING

Ditawari Ganja di Lisboa

Zaky Yamani

Saat itu baru sehari saya tiba di ibukota Portugal, Lisboa. Udara terasa akrab, bagai udara kampung halaman saya di Bandung: sinar matahari boleh terik, angin tetap sejuk. Seharusnya sekarang sudah masuk musim gugur di Portugal, dan biasanya suhu udara bisa
CONTINUE READING